nama : rizal nur ramadhan
kelas : 1EA05 (pengulangan)
npm : 16211303
kenalilah industri sebelum anda mulai bisnis
Kenalilah industri sebelum melangkah jauh untuk memulai sebuah
bisnis. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Pelajari
sesuatu agar kita tahu. Dengan kita mengenal maka kita akan cepat
menguasai medan usaha yang kita lalui.
Sebelum memulai usaha kita akan diharapkan untuk dapat menjelaskan
keadaan umum industri Kita dan sifat dari bisnis, terutama jika rencana
kita akan luar perusahaan kepada bank atau investor.
Apakah kita seorang bisnis jasa, produsen, pengecer, atau beberapa
jenis bisnis lainnya, Kita harus melakukan Analisis Industri, dan harus
bisa menjelaskan:
- Pelaku Industri.
- Pola Distribusi.
- Persaingan dan Pola Pembelian.
Analisa Industri
Segala sesuatu di industri Anda yang terjadi di luar bisnis Anda akan mempengaruhi perusahaan Anda. Semakin banyak Anda tahu tentang industri Anda keuntungan lebih dan perlindungan akan Anda miliki.
Segala sesuatu di industri Anda yang terjadi di luar bisnis Anda akan mempengaruhi perusahaan Anda. Semakin banyak Anda tahu tentang industri Anda keuntungan lebih dan perlindungan akan Anda miliki.
Sebuah rencana bisnis yang lengkap membahas ekonomi industri secara
umum, peserta, pola distribusi, faktor dalam kompetisi, dan apa pun yang
menggambarkan sifat bisnis ini untuk orang luar.
Internet telah memiliki dampak yang besar terhadap keadaan informasi
bisnis. Mencari informasi tidak benar-benar masalah lagi, setelah
ledakan informasi dan pertumbuhan yang besar di awal Internet di tahun
1990-an dan berlanjut pada abad ke-21. Bahkan 10 atau 15 tahun yang
lalu, berhubungan dengan informasi itu lebih merupakan masalah menyortir
melalui semua itu dari mencari data mentah. Yang umum adalah lebih
benar setiap hari. Ada situs Web untuk analisis bisnis, statistik
keuangan, demografi, asosiasi perdagangan, dan hampir semua yang anda
perlukan untuk rencana bisnis yang lengkap.
Pelaku Industri
Anda harus tahu siapa saja yang menjual di pasar Anda. Anda tidak dapat dengan mudah menggambarkan jenis bisnis tanpa menggambarkan sifat dari pelaku. Ada perbedaan besar, misalnya, antara industri seperti layanan televisi broadband, di mana hanya ada beberapa perusahaan besar di satu negara, dan satu seperti dry cleaning, di mana ada puluhan ribu pelaku yang lebih kecil.
Anda harus tahu siapa saja yang menjual di pasar Anda. Anda tidak dapat dengan mudah menggambarkan jenis bisnis tanpa menggambarkan sifat dari pelaku. Ada perbedaan besar, misalnya, antara industri seperti layanan televisi broadband, di mana hanya ada beberapa perusahaan besar di satu negara, dan satu seperti dry cleaning, di mana ada puluhan ribu pelaku yang lebih kecil.
Hal ini dapat membuat perbedaan besar untuk bisnis dan rencana
bisnis. Industri restoran, misalnya, adalah apa yang kita sebut “bubuk,”
, seperti industri dry cleaning, terdiri dari pelaku kecil. Bisnis
makanan cepat, di sisi lain, terdiri dari merek nasional beberapa ikut
serta di ribuan toko bermerek, banyak di antara mereka usaha waralaba.
Para ahli ekonomi berbicara tentang konsolidasi dalam suatu industri
sebagai waktu ketika peserta kecil cenderung menghilang dan beberapa
pemain besar muncul. Dalam akuntansi, misalnya, ada beberapa perusahaan
internasional yang besar yang namanya terkenal dan puluhan ribu
perusahaan kecil. Bisnis mobil terdiri dari beberapa merek nasional
berpartisipasi dalam ribuan dealer bermerek. Dalam manufaktur komputer,
misalnya, ada beberapa perusahaan internasional yang besar yang namanya
sangat terkenal, dan ribuan perusahaan-perusahaan kecil.
Produk dan jasa dapat mengikuti banyak jalan antara pemasok dan
pengguna. Jelaskan bagaimana distribusi bekerja di industri Anda. Apakah
ini suatu industri di mana pengecer didukung oleh distributor daerah,
seperti halnya untuk produk komputer, majalah, atau suku cadang mobil?
Apakah industri Anda bergantung pada penjualan langsung kepada pelanggan
industri besar? Apakah produsen mendukung pasukan sendiri langsung
mereka penjualan, atau cara kerjanya dengan perwakilan produk?
Beberapa produk hampir selalu dijual melalui toko ritel kepada
konsumen, dan kadang-kadang ini didistribusikan oleh perusahaan
distribusi yang membeli dari produsen. Dalam kasus lain, produk dijual
langsung dari produsen ke toko-toko. Beberapa produk yang dijual
langsung dari produsen ke konsumen akhir melalui kampanye mail, iklan
nasional, atau sarana promosi lainnya.
Dalam banyak kategori produk ada beberapa alternatif, dan pilihan
distribusi strategis. Ensiklopedia dan vacuum cleaners secara
tradisional dijual dari pintu ke pintu, tetapi juga dijual di toko-toko
dan langsung dari produsen ke konsumen melalui iklan radio dan televisi.
Banyak produk yang didistribusikan secara langsung bisnis ke bisnis
penjualan, dan dalam kontrak jangka panjang seperti yang antara produsen
mobil dan pemasok mereka bagian, bahan, dan komponen. Di beberapa
industri perusahaan menggunakan perwakilan, agen, atau tenaga penjualan
yang ditugaskan.
Teknologi dapat mengubah pola distribusi di industri atau kategori
produk. Internet, misalnya, mengubah pilihan untuk distribusi perangkat
lunak, buku, musik, dan produk lainnya. Kabel komunikasi adalah mengubah
pilihan untuk mendistribusikan produk video dan video game.
Pola distribusi mungkin tidak penting untuk sebagian besar perusahaan
jasa , karena distribusi biasanya sekitar distribusi fisik produk fisik
tertentu seperti restoran, seniman grafis, profesional praktek jasa,
atau arsitek.
Untuk beberapa layanan, distribusi mungkin masih relevan. Sebuah
layanan telepon atau penyedia kabel, atau penyedia layanan Internet,
mungkin menggambarkan distribusi yang berkaitan dengan infrastruktur
fisik. Beberapa penerbit dapat memilih untuk memperlakukan bisnis mereka
sebagai layanan daripada perusahaan manufaktur, dan dalam kasus
distribusi juga mungkin relevan.
Persaingan dan Pola Pembelian
Sangat penting untuk memahami sifat persaingan di pasar Anda. Ini masih dalam area umum menggambarkan industri, atau jenis usaha. Jelaskan sifat umum persaingan di bisnis ini, dan bagaimana pelanggan tampaknya memilih salah satu penyedia atas yang lain. Apa kunci keberhasilan? Faktor-faktor apa beli membuat sebagian perbedaan-Harga? Fitur produk? Layanan? Dukungan? Pelatihan? Software? Tanggal pengiriman? Apakah nama-nama merek penting?
Sangat penting untuk memahami sifat persaingan di pasar Anda. Ini masih dalam area umum menggambarkan industri, atau jenis usaha. Jelaskan sifat umum persaingan di bisnis ini, dan bagaimana pelanggan tampaknya memilih salah satu penyedia atas yang lain. Apa kunci keberhasilan? Faktor-faktor apa beli membuat sebagian perbedaan-Harga? Fitur produk? Layanan? Dukungan? Pelatihan? Software? Tanggal pengiriman? Apakah nama-nama merek penting?
Dalam bisnis komputer, misalnya, persaingan mungkin bergantung pada
reputasi dan tren dalam salah satu bagian dari pasar, dan pada saluran
distribusi dan periklanan yang lain. Dalam banyak bisnis-ke-bisnis
industri, sifat kompetisi tergantung pada penjualan langsung, karena
saluran tidak praktis. Harga sangat penting dalam produk bersaing satu
sama lain di rak-rak ritel, tetapi pengiriman dan kehandalan mungkin
jauh lebih penting untuk bahan yang digunakan oleh produsen dalam
volume, yang kekurangan dapat mempengaruhi garis produksi.
Dalam bisnis restoran, misalnya, persaingan mungkin bergantung pada
reputasi dan tren dalam salah satu bagian dari pasar, dan pada lokasi
dan parkir di tempat lain.
Dalam banyak praktek pelayanan profesional sifat persaingan
tergantung dari mulut ke mulut, karena iklan tidak sepenuhnya diterima.
Apakah ada kompetisi harga antara akuntan, dokter, dan pengacara?
Bagaimana orang memilih agen perjalanan atau pedagang bunga untuk
pernikahan? Mengapa seseorang menyewa satu arsitek lanskap yang lainnya?
Mengapa memilih Starbucks, merek nasional, selama rumah kopi lokal?
Semua ini adalah sifat kompetisi.
Pesaing Utama
Lakukan analisis yang sangat lengkap dari pesaing utama Anda. Daftar pesaing utama. Apa kekuatan dan kelemahan masing-masing? Pertimbangkan produk mereka, harga, reputasi, manajemen, posisi keuangan, saluran distribusi, kesadaran merek, pengembangan bisnis, teknologi, atau faktor lain yang Anda rasa tidak penting. Dalam segmen pasar apa mereka beroperasi? Apa yang tampaknya menjadi strategi mereka? Berapa besar mempengaruhi produk Anda, dan apa ancaman dan peluang yang mereka wakili?
Lakukan analisis yang sangat lengkap dari pesaing utama Anda. Daftar pesaing utama. Apa kekuatan dan kelemahan masing-masing? Pertimbangkan produk mereka, harga, reputasi, manajemen, posisi keuangan, saluran distribusi, kesadaran merek, pengembangan bisnis, teknologi, atau faktor lain yang Anda rasa tidak penting. Dalam segmen pasar apa mereka beroperasi? Apa yang tampaknya menjadi strategi mereka? Berapa besar mempengaruhi produk Anda, dan apa ancaman dan peluang yang mereka wakili?
sumber : http://kampungberita.com/kenalilah-industri-sebelum-anda-mulai-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar